Kamis, 22 Januari 2009

YES MAN', Satu Kata Yang Mengubah Dunia

Pemain: Jim Carrey, Terrence Stamp, Slim Khezri, Zooey Deschanel, Bradley Cooper, Rhys Darby

[YESMAN.jpg]

Saat ditinggalkan kekasihnya, Carl Allen (Jim Carrey) mulai menutup diri dari lingkungannya. Ia tak mau bertemu dengan orang-orang yang dikenalnya dan mengurung diri dalam apartemennya. Semua itu berubah saat Carl bertemu seorang motivator bernama Terrence Bundley (Terrence Stamp).

YES MAN

Dari Terrence Carl 'belajar' bahwa kata 'ya' memiliki kekuatan yang tak terbayangkan dan Terrence meminta Carl untuk mulai mengatakan 'ya' pada apapun yang dikatakan orang. Merasa terinspirasi dengan apa yang dikatakan pria tadi, Carl kemudian bertekad untuk mengubah hidupnya dengan mengatakan 'ya' pada apa pun juga.

Awalnya, hidup Carl jadi lebih 'berwarna'. Carl mulai merasakan banyak perubahan yang terjadi dalam hidupnya. Namun itu tak berlangsung lama karena Carl kemudian mulai menghadapi banyak masalah karena terlalu banyak mengatakan 'ya' pada saat ia seharusnya mengatakan tidak. Untungnya, Carl kemudian bertemu Allison (Zooey Deschanel) yang akhirnya mengubah hidup Carl menjadi lebih baik.

YES MAN

Film komedi romantis ini diadaptasi dari biografi Danny Wallace yang ditulisnya menjadi buku dengan judul yang sama. Dari alur cerita, film ini sebenarnya malah sangat mirip dengan film LIAR, LIAR yang kebetulan juga dibintangi oleh Jim Carrey. Bedanya, jika film LIAR, LIAR terasa punya 'greget', yang ini justru terasa sedikit hambar.

Agaknya sang penulis naskah gagal menuangkan novel laris karya Danny Wallace ini menjadi bentuk visual yang menarik. Atau bisa jadi pamor film LIAR, LIAR yang menjadi tolok ukur maka film ini jadi malah kehilangan taring. Yang jelas dari sisi cerita film ini terasa kurang kokoh dan tak menyajikan sesuatu yang fresh selain humor fisik ala Jim Carrey.

YES MAN

Sisi romantis yang seharusnya sedikit mampu menolong pun ternyata tak bisa terlalu diandalkan karena 'ikatan batin' antara Jim Carrey dan Zooey Deschanel yang seharusnya menggambarkan sisi romantis film ini malah tak terlihat. Bisa jadi perbedaan usia yang cukup jauh antara kedua bintang ini membuat mereka jadi sedikit kesulitan untuk bermesraan.

Terlepas dari itu semua, film ini ternyata punya performa cukup bagus. Buktinya nama YES MAN sendiri masuk ke jajaran film-film box office dan mengumpulkan tak kurang dari US$79 juta sejak dirilis 19 Desember 2008 lalu.

0 komentar: